Kamis, 13 Desember 2012

Jangan Pesan Genteng Sokka ke Kami!!!?


Prediksi harga genteng Sokka Kebumen yang akan stabil sampai 5 bulan mendatang ternyata salah besar. Hal ini dikarenakan banyak proyek pembangunan dari berbagai dinas pemerintahan di berbagai kota mulai turun pada bulan Oktober 2012. Alhasil hukum ekonomipun berlaku , ketika permintaan semakin banyak sementara stok barang tetap maka harga merangkak naik secara perlahan (maklum saya Sarjana Ekonomi..jadi tahu hukum beginian hehehe).
Genteng seperti Rainbow Cake (kue pelangi) yang lagi laris manis. Jika Anda datang langsung ke daerah kami, Anda akan kecewa karena Anda tidak dapat mendapatkan genteng dalam waktu yang cepat. Harus antri dan nunggu. Kalaupun dapat, mungkin Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang relatif mahal dengan kualitas oplosan alias kena calo/makelar.

Gambar 1.2. Genteng dibungkar

Permintaan yang membludak ini membuat para calo genteng pun ingin merasakan manisnya mereguk keuntungan. Jika ada tobong (sebutan untuk tempat pembakaran) yang bungkar genteng, maka para calopun berkerumun seperti menunggu pembagian sembako. Bahkan ada yang sampai berani memesan sampai 12ribuan sebelum dibakar untuk mendapatkan stok barang. Imbas yang lain genteng KW 4 pun sampai sulit ditemukan di tempat kami karena ludes terjual. Padahal kalau Anda tahu, genteng KW 4 biasanya digunakan untuk pondasi, bukan untuk atap rumah.
Meskipun permintaan membludak, kami tetap berkomitmen untuk menjaga kualitas genteng kami dengan 2x sortir. Rata-rata pembeli kami sebenarnya tidak bakal tahu jika seandainya genteng kami oplos, tetapi kami kasihan kalau itu sampai kami lakukan. Bahkan kami lebih baik tidak melayani permintaan konsumen dan menyarankan Anda mencari di tempat lain daripada nanti kami mengecewakan Anda dengan memberikan genteng dengan kualitas yang buruk.
Sebelum genteng dibungkar kami butuh 1 hari agar genteng menjadi dingin setelah dibakar. Kami membutuhkan waktu minimal 1/2 hari untuk menyortir. Sortiran pertama dilakukan saat genteng dibungkar dari tobong. Biasanya selesai sekitar jam 11-an jika bungkar dimulai pukul 06.30 WIB. Dari bungkar akan terlihat berapa jumlah genteng kodok KW 1-nya, kodok KW 2-nya, plentong KW1-nya, plentong KW2-nya dst. (satu tobong biasanya kombinasi dari 2 jenis genteng, kodok dengan plentong atau kodok dengan magas ataupun lainnya).

Gambar 1.3 Genteng mulai disortir

Gambar 1.4 Genteng kodok sortiran KW 1 ditata dengan rapi

Sortiran kedua pada saat genteng naik ke dalam truk. Kami membayar orang khusus untuk menyortir ulang genteng tsb. Orang yang berbeda dari sortiran pertama sehingga efektif. Karena disortir ulang, muatnya menjadi lebih lama, tetapi tenaga/kuli muatnya pun sudah paham dengan apa yang kami lakukan dan kami memberikan upah lebih dari standar biasanya. Hal ini semata-mata kami lakukan untuk memuaskan konsumen yang membelinya.

Gambar 1.5 Genteng kodok KW 1 kembali disortir ketika naik ke truk

Gambar 1.6 Genteng kodok yang tidak lolos sortir dipisahkan/dikeluarkan

Jika Anda membandingkan dari segi harga mungkin Anda akan menemukan harga kami relatif lebih mahal Rp 50 s.d Rp 75 dengan produsen yang sama di daerah lain di luar Kebumen. Tetapi jika Anda membandingkan kualitas dan kekuatan genteng kami baik dari segi awetnya, tampilan fisik serta kekuatan fisiknya, Anda akan mendapati bahwa perbedaan Rp 50 s.d. Rp 75 tadi menjadi tidak berarti.

Gambar 1.7 Salah satu suasana antrian truk pengiriman genteng

Buktinya dengan perbedaan itu, kami masih kewalahan untuk melayani konsumen yang terus membludak, bahkan mengantri pesan. Jika Anda menginginkan KUALITAS GENTENG TERBAIK dari kami, Anda harus bersabar. Jika tidak mau
JANGAN PESAN GENTENG SOKKA KE KAMI !!!?
Salam Genteng Sokka Kebumen
Kuat, Awet dan Berkualitas








0 komentar:

Posting Komentar